Selasa, 20 Maret 2018

Download TOEFL Soal dan Pembahasan PDF


Download TOEFL Soal dan Pembahasannya PDF.  Bagi sebagian besar orang, TOEFL atau Test of English as A Foreign Language mungkin sudah tidak asing lagi. Menjadi sebuah standar resmi yang diakui secara internasional, mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi akan memungkinkan pintu dunia terbuka untuk para peraih nilai TOEFL tersebut. Mulai dari memburu beasiswa kuliah di luar negeri, melamar pekerjaan, pertukaran pelajar dan lain sebagainya.

Banyak dari orang-orang yang saya kenali berkata bahwa tujuan mereka untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri terkendala dengan nilai TOEFL ini. Saya pun sama seperti mereka karena saya bercita-cita melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat. Dan sebaiknya, untuk mengambil tes TOEFL resmi dari ETS kita telah mencapai tingkat bahasa inggris intermediate-advance. Jika kita belum yakin untuk mengambil tes TOEFL, kita bisa mencoba tes TOEFL Prediction (TOEP) dengan biaya yang jauh lebih murah.

Banyak dari kita mengambil kursus TOEFL hingga berjuta-juta rupiah selama setahun penuh, beberapa di antaranya mengeluh karena biaya kursus tersebut. Padahal sebuah studi menunjukkan, pelajar yang belajar TOEFL secara intensif selama satu bulan sebelum tes dan banyak mengerjakan soal seringkali nilai TOEFLnya lebih tinggi daripada yang kursus bahasa Inggris / TOEFL selama satu tahun namun tidak intens (misal hanya 2 jam per minggu selama setahun itu).

Sebelum saya memberikan link download soal TOEFL dan pembahasannya, saya ingin mengulas 2 buah buku latihan soal TOEFL yang saya beli dengan harga ratusan ribu rupiah.

Pertama adalah "BEST SCORE TOEFL 600+" yang disusun oleh Tim Presiden Eduka.


Terdiri dari lebih 2200 soal TOEFL standar ETS dan sangat lengkap dalam menyajikan mulai dari paket contoh soal, paket soal dan pembahasan, dan paket latihan. Saya beli seharga 168 ribu di Gramedia. Saya sendiri mengerjakan semua soal grammar dalam waktu 7 hari dan nilai TOEFL Structure/written saya meningkat dari 480 ke 550 dalam TOEFL Preparation. (Tadinya saya paling lemah di grammar, tapi berkat buku ini, grammar jadi gampang banget. Hehe).

Kelebihan dari buku ini:
  • Bank soal lengkap dan banyak.
  • Soal-soal standar ETS untuk grammar dan reading.
  • Bagaimana buku ini disusun benar-benar seperti yang saya butuhkan. 
  • Pembahasan reading dan listening yang cukup baik.

Kelemahan dari buku ini:
  • Dari 8 paket soal listening di buku ini, hanya 2 paket yang native speaker. Sisanya seperti suara Google translate yang direkam dan di-burn ke DVD. Jika teman-teman lemah di listening, saya tidak menyarankan beli buku ini.
  • 2 paket listening yang native speaker pun tidak sesuai standar ETS karena menurut saya agak lamban. ETS memiliki standar listening yang jauh lebih cepat.
  • Penjelasan grammar menurut saya tidak komprehensif. Misalnya jika yang benar adalah pilihan A, tim penulis buku tidak menjelaskan kenapa pilihan B, C, dan D salah.
Kalau saya nilai buku ini secara objektif: 7/10.
Namun kalau secara pribadi dan kecocokannya dengan cara saya belajar: 8/10

Selanjutnya adalah buku "TOEFL KILLER: CARA PASTI MENDAPAT SKOR TOEFL 600" yang disusun oleh Inspira Book. 
Ini yang digadang-gadang sebagai buku TOEFL paling best-seller di Indonesia. Saya beli 138 ribu di Shopee. Lebih murah tapi ini bukan bank soal seperti buku yang sebelumnya melainkan buku panduan, tips dan trik dan cara mengatasi psikologi sebelum mengerjakan tes TOEFL. Bank soal TOEFL ada di dalam 2 DVD yang terdiri atas 41 jam dan Ebook 249 halaman.

Kelebihan buku ini:
  • Ibarat daging, isi DVD-nya sangat lengkap dan berbobot. Mulai dari setiap tenses, kaidah-kaidah grammar, dan tips dan trik semuanya dijelaskan melalui pengajar di video tutorial TOEFL dengan total durasi 41 jam. Buku ini menggantikan kursus seharga jutaan rupiah dengan video-video itu.
  • Buku ini cocok dengan para pelajar dengan TOEFL skor yang masih di bawah 500. Bahkan jika skor TOEFL masih 400 akan sangat mudah mencerna pelajaran di DVD buku ini. Karena basic-basic TOEFL diajarkan dari awal secara komprehensif.
  • Terdapat bonus-bonus suplemen TOEFL lainnya seperti idiom, kata-kata yang paling sering muncul di TOEFL, infografis, software TOEFL dan lain sebagainya.
Kekurangan buku ini:
  • Well, ini sih kekurangan yang saya ungkapkan secara pribadi (yang sedikit kecewa) karena buku ini cocok dengan pelajar yang nilai TOEFLnya berkisar antara 400 dan dibawah 500. Jadi 41 jam video tutorial itu menurut saya bertele-tele dan memakan waktu.
  • Saya tidak tahu harus mulai dari mana belajarnya, karena saya lebih cocok belajar melalui ribuan bank soal dan pembahasan di atas kertas. Sementara bank soal di buku ini tidak ada. Ebook soal di DVD (menurut saya) sedikit dan lebih banyak teori dan tips. Bahkan satu soal grammar sederhana seringkali dibahas dalam satu video tutorial 10 menit.
  • Ada bank soal grammar dan reading tapi ditulis dalam satu halaman PDF. Misalnya satu halaman isinya hanya 2-3 soal dengan ukuran fontnya super besar. Jadi tidak bisa saya print. Saya kerjakan di laptop pun, ternyata standar soalnya mudah. (NB: Saya tidak pernah belajar TOEFL di komputer karena mata saya sakit dan pikiran saya jadi tidak fokus. Biasanya ebook selalu saya print, tapi sayangnya saya tidak bisa print soal dari buku ini.
  • Menurut saya soal-soal dalam bank soal tidak standar tes TOEFL ITP yang menantang. Ibarat pelaut berada di laut yang tenang padahal mau menghadapi ujian badai. Soal listening di bank soal juga diambil dari soal iBT. 
  • Belajar dengan penjelasan bahasa Indonesia yang dijelaskan dari basic-basic grammarnya menurut saya adalah painful and long road untuk ditempuh belajar TOEFL. Jika pembahasaan yang super lengkap ini ditulis dalam bahasa Inggris, akan membantu seseorang untuk berpikir soal juga dalam bahasa Inggris. Sehingga saat mengerjakan soal, tidak menerjamahkan dulu di otaknya.
  • Pengajarnya seperti berbicara pada anak kecil atau remaja. Padahal saya udah tante-tante. Huhu.
Kalau saya nilai buku ini secara objektif: 8/10 (melihat dari bonus-bonusnya yang super lengkap dan pelajaran yang disampaikan setara dengan kursus jutaan rupiah.). 
Kalau saya nilai buku ini dengan kecocokannya dengan cara saya belajar: 6/10. (karena agak sakit hati sih sama isinya yang sangat basic, jadi mungkin buku ini akan saya wariskan saja.)



Menurut saya kedua buku ini sama-sama bagus, tergantung dengan kecocokan dan cara belajar setiap orang (dan itu berbeda-beda). Misalnya teman-teman bisa belajar di laptop, tapi saya tidak bisa. Saya juga orangnya visual bukan auditory maupun kinestetik. Kenyamanan mata menjadi faktor utama saya menyerap suatu pelajaran. Selain itu, saya juga suka belajar dalam bahasa Inggris jadi otak saya gak bekerja dua kali untuk nerjemahin, tapi juga berpikir dalam bahasa Inggris.

Jika teman-teman minta rekomendasi buku TOEFL yang bagus menurut saya adalah: "Practice Exercises TOEFL Barron 6th Edition". Buku ini mencakup TOEFL ITP dan iBT (standar Amerika sekarang iBT). Dan ya ditulis dalam bahasa Inggris jadi sadar gak sadar, saat kita baca pembahasaan atau introduction-nya, kita juga belajar reading dan grammar.


 Kelebihannya:
  • Buku ini berbahasa Inggris, jadi saat kita membaca pembahasan atau intro, tidak sadar kita belajar reading dan grammar juga. Kalau teman-teman sudah mampu memahami teks bahasa Inggris, ada baiknya belajar dari buku TOEFL berbahasa Inggris juga.
  • Buku ini soalnya banyak, pembahasannya lengkap dan langsung ke jantung inti kaidahnya.
  • Native speakernya beneran native speaker dan kecepatannya sesuai standar ETS.
  • Soal-soal latihan grammarnya disusun berdasarkan kaidah masing-masing.  Misalnya exercise 42: Auxiliary verbs terdiri atas 10 soal. Exercise 43: Noun terdiri atas 10 soal lainnya. Jadi kita dapat mengukur dimana kelemahan grammar kita dari exercise mana yang paling lemah.
  • Soal-soal latihan listeningnya disusun berdasarkan tipe-tipe soal yang berbeda. Misalnya exercise 5: idioms dan exercise 6: emotions dsb. Dari sini saya juga jadi tahu ternyata dari berbagai tipe soal, saya lemah di idioms dan kuat di emotions. 
  • Begitu pula reading yang disusun berdasarkan tipe teks mengenai social sciences, natural health atau arts dsb.
Kelemahan buku ini:
  • Mungkin ini tidak cocok untuk pelajar TOEFL beginner-intermediate. Tapi menurut saya, tidak ada istilah terlalu awal untuk belajar TOEFL dari buku-buku berbahasa Inggris.
Kalau saya nilai, buku ini nilainya 9/10.

Langsung saja ya, buku ini gratis dapat di-download disini lengkap dengan 6 Audio CD-nya. Total filenya mungkin sekitar 400 Megabyte.

Download Practice  Exercises TOEFL Barron 6th Edition for PBT and iBT.



Selain Barron, saya juga mengoleksi banyak sekali soal-soal latihan TOEFL ITP + pembahasan + audio CD yang berbahasa Inggris. 

Download Kumpulan soal TOEFL ITP resmi ETS dari tahun 1998 - 2005: https://drive.google.com/open?id=18AMBs-JKkDlt4DJ2nT-i18jh9VtDFrkY
catatan: dikumpulkan dalam satu folder, diekstrak dengan Zip atau Rar lalu dibuka dengan Daemon Tools. 

The Complete Guide to The TOEFL PBT Test:

Selain TOEFL PBT/ITP saya juga mengoleksi latihan soal TOEFL iBT dan juga GRE (Graduate Record Examination). Cocok untuk teman-teman yang mengejar kuliah pascasarjana di Amerika Serikat. 

Download PDF dan Ebook TOEFL iBT Preparation: 

Download PDF dan Ebook GRE Preparation:

Sekian dan Terima kasih.

Jika terdapat link yang tidak berfungsi atau file terhapus, silakan berikan komentar di bawah ya. Mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:
TOEFL PBT Materials

Download Ebook IELTS

Baca Juga:

Reaksi:
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. link yang berasal dari gogle drive error tolong diupdate dong. Saya sedang butuh nih. terimakasih

    BalasHapus

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...