Kamis, 31 Maret 2011

Sinopsis Novel-Novelan Buatanku (bagian 2)


Serial Seiji (Terdiri atas 4 part)

Format : Novel SIDU @58 Lembar

Genre : Misteri, Kriminalitas, Islami & Romantis

Latar : Jepang, Korea, & Inggris

Tahun : 2008 s/d 2009

Keterangan : Buku peringkat kedua yang paling membekas di hati pembaca dan di hatiku.

Part 1: Judulnya adalah A Love In I.A.S High School. Berkisah tentang seorang pemuda SMU bernama Seiji Amano. IQ nya sangat tinggi, itulah kenapa diam-diam dia adalah FBI Jepang. Seiji punya seorang sahabat di asramanya bernama Lee. Anehnya Lee ini tiap kali diajak menghadiri penyanyi idola Seiji, Heo Yi Jae, Lee selalu tidak mau ikut. Itu sebenarnya karena Lee adalah Heo Yi Jae itu sendiri yang sedang menyamar. Dia menyamar menjadi cowok demi dekat dengan Seiji, orang yang dia sukai.

Sudah bisa ditebak. Akhirnya mereka pun pacaran, tentunya setelah Seiji tahu bahwa Lee itu cewek. Sampai akhirnya, seorang murid mengancam Yi Jae (alias Lee) karena mengetahui identitas asli Yi Jae. Dengan menggunakan kepintarannya, Seiji pun menolong Yi Jae.

Kalian bisa baca ringkasan cerita yang lebih lengkapnya: disini.

Part 2: Judulnya Airen. Yi Jae ada syuting di Inggris sementara Seiji cuti dari pekerjaannya untuk berlibur ke Inggris.

Suatu hari, Seiji menyadari bahwa dia mengidap tumor otak yang menyerang bagian saraf. Itu membuatnya sulit menggenggam sesuatu. Dokter bahkan memvonisnya akan lumpuh. Dan vonis dokter tersebut membuat Seiji terpaksa menjauhi Yi Jae. Seperti di film-film, Seiji berusaha membuat Yi Jae benci padanya dengan cara berpura-pura mencintai wanita lain.

Sementara itu, Yi Jae mulai dekat dengan seorang pemuda muslim di Inggris. Namanya Rifki Mahatir. Dia adalah pemuda keturunan Indonesia yang merupakan alumni Pondok Pesantren Husnul Khotimah. Kedekatannya dengan Rifki membuat Yi Jae akhirnya memeluk Islam dan berhenti menjadi artis.

Sementara, ada seorang muslimah bernama Annida Ulfah dijodohkan dengan Rifki. Tapi Rifki mengabaikannnya. Akhirnya Annida pun dinikahkan dengan sepupu Rifki yang bernama Devon Murray. Seorang muslim keturunan Inggris-Indonesia. Padahal waktu Rifki sebenarnya mencintai Nida, dia bukannnya mengabaikan Nida tapi karena dia memang belum menyadari kalau dia mencintainya.

Untuk cerita ini aku udah posting di blog, walau itu hanya ringkasan dari novel aslinya yang lumayan panjang, tapi cukup jelas koq. Soalnya di novelnya banyak hal-hal yang gak penting diceritakan. Kalian bisa baca pengenalan tokoh-tokohnya di sini.

Part 3: Judulnya adalah The Authority. Kata teman-temanku, buku ini adalah cerita yang paling keren dari tetralogi Serial Seiji. Walau begitu di cerita ini, Seiji tidak muncul karena di part sebelumnya digambarkan kalau Seiji sudah meninggal kecelakaan.

Di buku ini yang menjadi tokoh utama adalah Rifki. Tapi namanya berubah menjadi Steve Hallberg. Itu karena dia memang sengaja merahasiakan dari orang-orang terdekatnya kalau dia masih hidup. Sama seperti Seiji, pada part sebelumnya Rifki digambarkan sudah mati. Tapi kalau Rifki itu memang sebuah scenario, karena sepupunya Devon Murray merupakan tangan kanan bos mafia Eropa.

Pada part ini Devon meninggal karena dia bertobat dan ingin membunuh bos mafia. Saat klimaks, Steven Herald (si bos mafia) menembak Devon Murray.

Untuk cerita ini, kalian bisa baca part pertamanya di sini.

Part 4: Judulnya Soru. Ini adalah penutup dari Serial Seiji. Di mana diceritakan kalau sebenarnya Seiji itu masih hidup (kayak sinetron Indonesia aja tiba-tiba hidup lagi). Jadi waktu kecelakaan itu, Seiji hanya mengalami lupa ingatan. Dan karena wajahnya yang terseret di aspal, membuatnya harus operasi plastik.

Seiji pun tinggal di Jepang, bersama orang tua angkatnya. Namanya berubah menjadi Zoh. Dan dia benar-benar berubah, yang dulunya rajin menjadi pemalas. Ia bukan siapa-siapa lagi seperti dulu, ia hanya menjadi pengantar mie ramen.

Sampai akhirnya suatu hari seorang mahasiswi Oxford ingin tinggal ngekos di rumah Zoh. Tidak lain dan tidak bukan adalah Yi jae. Hanya saja mereka tidak saling mengenal. Sampai akhirnya Yi Jae mengetahui kalau Zoh itu adalah Seiji ketika Yi Jae ditangkap oleh para yakuza dan menjadikan Yi jae umpan agar Zoh datang.

Ternyata bin ternyata, Seiji adalah penerus yakuza. Dan dia diminta pamannya untuk meninggalkan dunia kepolisian demi mengabulkan cita-cita ayahnya. Zoh yang masih belum tahu identitas aslinya itu pun menjadi rebutan para polisi.

Bukan hanya kisah Seiji dan Yi Jae, pada akhirnya Rifki di sini melamar Annida. Dimana sebenarnya mereka sudah lama saling mencintai, tapi karena Devon melamar lebih dahulu, Rifki tidak bisa memaksa.

Penasaran? Baca ceritanya di sini.

The Secure Phantom

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Misteri, Action, & Romantis

Latar : Amerika

Tahun : 2009

Keterangan : Temanku yang baca cerita ini langsung ingin jadi hacker.

“Inilah dunia kami, dunia electron, switch, beauty of the baud.”

Begitulah salah satu kutipan dari nurani para hacker. Mereka tidak percaya pada otoritas dan mereka sangat menjunjung tinggi kebebasan informasi. Salah satu hacker dalam ceritaku ini bernama Kevin Lanter.

Kevin Lanter adalah salah satu pemuda di Amerika yang merasa jenuh dengan kehidupan yang mengekangnya. Akhirnya dia melampiaskan semua keterkukungan itu dengan menerobos batas-batas keamanan jaringan teknologi dengan computer bututnya di rumahnya.

Tapi aksinya ini tidak disetujui oleh ayahnya yang merupakan FBI Negara. Kevin bahkan dimasukkan ke penjara oleh ayahnya sendiri.

Untuk menulis buku ini, aku menghabiskan banyak waktu di depan computer dan internet mencari informasi dan trik-trik hacker. Walaupun belum pernah mempraktikan membobol jaringan, tapi aku menulis trik Kevin dalam membobol jaringan lumayan detail. Ini mungkin yang membuat temanku yang membaca cerita ini langsung berubah maniak computer dan ingin jadi hacker. Begitu pula aku, ternyata jadi hacker keren ya?

Yang aku maksud bukan cracker loh. Tapi hacker yang hanya membobol jaringan, bukan merusaknya.

The Promise

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Kolosal, kerajaan, & Romantis

Latar : Negeri antah berantah

Tahun : 2009

Keterangan : Pernah mau dibuat dramanya untuk dipertontonkan di seluruh santri putri Husnul Khotimah.

Soha adalah seorang gadis berusia 9 tahun. Pada waktu itu, negerinya mendapat serangan dari negeri tetangga yang dipimpin oleh Raja Muzar. Pada perang tersebut ayahnya meninggal dan Soha menghampiri ayahnya saat perang masih berlangsung. Soha disuruh minggir oleh panglima perang yang juga merupakan putra mahkota yang usianya masih 15 tahun. Tapi Soha gak mau, dan akhirnya Diamond (nama pangeran tersebut) terpaksa mendapat hantaman kapak demi melindunginya. Dan itu membuat bekas luka cukup besar di punggung Pangeran Diamond.

Soha pun bertekad untuk membayar utangnya pada Pangeran Diamond. Dia berjanji suatu hari dia akan melindungi Sang Pangeran. Tapi sayangnya, di negeri tersebut semua anak perempuan hanya dilatih untuk menjadi dayang dan pemasak. Dan yang dilatih bela diri hanya anak laki-laki. Karena itu Soha pun menyamar menjadi anak laki-laki.

2 tahun kemudian, ayah pangeran Diamond meninggal karena mengidap penyakit. Pangeran Diamond yang usianya masih 17 tahun itupun disuruh oleh ibunya untuk segera menikah dan meneruskan kerajaan. Tapi karena masih labil, Pangeran Diamond menolak permintaan ibunya. Dia pun kabur ke hutan. Tapi karena mengejar-mengejar rusa yang cantik, Pangeran Diamond pun jatuh ke jurang.

Saat yang bersamaan, Soha (yang sedang bersembunyi di atas pohon dari kejaran seseorang karena ketahuan memakai baju cewek) turun dari pohon dan ingin menolong Pangeran Diamond tapi dia terlambat. Walhasil Soha malah tertangkap dan seluruh perguruan tahu bahwa dia itu cewek. Dia hampir saja dikeluarkan dari perguruan. Tapi karena bela diri Soha sangat hebat, bahkan dia lebih mudah menyerap pelajaran daripada anak laki-laki, Soha berhasil bertahan.

10 tahun kemudian, Soha sudah menjadi seorang bela diri yang andal. Dia juga pemain pedang yang lihai. Dia pun ditugaskan menjadi utusan ke negeri Raja Muzar untuk menanyakan alasan mereka menyerang negerinya Soha tanpa alasan. Raja Muzar berkata kalau itu bukan tanpa alasan, tapi karena ayahnya Pangeran Diamond sudah membunuh putranya yaitu Pangeran Crimsson, satu-satunya penerus kerajaan. Pangeran Crimsson meninggal dengan jurus yang membuatnya akan mati mendadak kalau mengeluarkan ilmu bela dirinya. Dan yang menguasai jurus itu hanya ayahnya Pangeran Diamond.

Saat di negerinya Raja Muzar pula Soha bertemu dengan seorang pemuda. Namanya Kazaf. Dia merupakan pimpinan prajurit yang sangat hebat menyusun taktik perang melawan negerinya Soha (lupa namanya apa. Bukunya hilang.). Kazaf juga merupakan orang yang dicintai oleh Putri Safir, putri Raja Muzar. Walau Kazaf tidak begitu mencintainya, tapi Kazaf ingin membuat Putri Safir bahagia. Sayangnya mereka tidak bisa bersama karena perbedaan status sosial.

Suatu saat, tidak sengaja Soha melihat bekas luka kapak yang sangat besar di punggung Kazaf. Setelah diselidiki, ternyata Kazaf adalah Pangeran Diamond yang tengah lupa ingatan. Soha sangat kaget, karena ternyata Pangeran Diamond telah menyerang negerinya sendiri. Soha berusaha meyakinkan Kazaf kalau dia adalah Pangeran Diamond, dengan sedikit paksaan akhirnya Kazaf pun menurut untuk ikut pulang ke negeri aslinya.

Perjalanan tersebut sangat jauh. Butuh dua minggu untuk menempuhnya. Dan karena kedekatan Kazaf dan Soha, Kazaf pun mulai mencintai Soha.

Saat perjalanan pulang, penjahat yang sebenarnya (penasihat negeri Raja Muzar) muncul menghalangi mereka. Namanya Aegean. Sebenarnya dialah yang membunuh Pangeran Crimsson dan dia juga menguasai jurus yang dapat membuat musuhnya mati jika mengeluarkan ilmu bela diri. Aegean pun menyerang Soha dengan jurus tersebut, tapi demi melindungi Pangeran Diamond Soha terus mengeluarkan ilmu bela dirinya dan akhirnya Aegean kalah. Tapi itu juga membuat Soha sekarat dan meninggal. Sampai akhirnya kata-kata Soha membuat ingatan Kazaf pulih. Bahwa dia adalah bocah perempuan yang dulu pernah Pangeran Diamond tertawakan karena berjanji akan melindunginya.

Sad ending? Emang… tapi menurut teman-temanku di sanalah letak dramatisnya. Hehe.


Sinopsis Novel-Novelan Buatanku (Bagian 1)

Sinopsis Novel-Novelan Buatanku (Bagian 3)

Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...