Jumat, 12 Juli 2013

Psikologi: Que sera sera...



Que sera.. sera... Whatever will be.. will be...

Hmm.. baiklah guys, disini aku mau cerita sedikit pengalaman SBMPTN 2013. Setelah gagal di SNMPTN 2012, alhamdulillah berhasil juga di SBMPTN 2013 dan setidaknya di jurusan yang aku inginkan. Psikologi.

Gagal di SNMPTN 2012... Alhamdulillah aku bersyukur sebenarnya karena Allah berencana lain. Abis itu kan aku mengabdi setahun di Pesantren Tahfidz Al-Hikmah, Cirebon. Jadi aku bisa tahu, aku lebih meminati Psikologi dibandingkan Informatika. Sejujurnya, aku tidak pernah bercita-cita menjadi programmer. Dari jaman SD sampai sekarang usiaku 19 tahun, mimpi terbesar hidupku Cuma pengen menjadi penulis. Just penulis. Penulis. Penulis.

 Programming?? Sebenarnya aku ingin belajar programmer setelah membuat sebuah novel-novelan tema hacker berjudul “The Secure Phantom”. Jadi landasannya kenapa pengen programming karena pengen bikin novel tema hacker.(Tapi kan novel kan gak semuanya bergenre hacker)

Intinya..  cita-citaku Cuma ingin menjadi penulis. Karena kutahu banyak penulis besar tidak berbackground sastra, maka aku pun bebas memilih jurusan apapun tidak harus sastra Indonesia. Lagian tidak diizinkan orang tua untuk pilih sastra Indonesia.

Di PTQT Al-Hikmah banyak cerita yang gak bisa kusampaikan. Tapi seneng banget rasanya bisa jadi kepercayaan santri-santri untuk menyampaikan curhat mereka. Dan saat itu pula aku turut membantu mereka menghilangkan phobia dan trauma. Kayak takut kecoak, cicak, laron, belalang, plastik, kucing, nasi, gelap, hantu, trauma sosial, dll.

Terkadang aku juga main hipnotis-hipnotisan, seperti menukar kepribadian orang lain. Atau membuat orang itu merasa dirinya artis terkenal. Terkadang juga main sugesti-sugestian dan semacamnya. Dan selama setahun akhirnya mantaplah, Psikologi.

Walaupun psikologi masuk dalam jurusan IPS, dimana aku dalam posisi background IPA dan bimbel SBMPTN pun IPA (Tidak belajar IPS), tapi setiap try Out IPS aku selalu menyelinap masuk kelas IPS. Lagian katanya sih sah-sah aja anak Ipa ikutan TO IPS. Asal gak ikut KBMnya. Meskipun begitu, aku belajar banyak pelajaran IPS kayak Geografi, Sosiologi, dan Sejarah. Ekonomi?? Hmmj...

Meskipun banyak salahnya di TO, kayak betul 2 salah 8. Betul 5 salah 10. Tapi pas SBMPTN lancar di IPSnya setelah kucocokkan dengan kunci bimbel. Sejarah betul 8 salah 4. Ekonomi betul 6 salah 2. Geografi betul 13 salah 1. Sosiologi betul 14 salah 1.

Dari psikologi, mungkin aku bisa lebih menjiwai tokoh buatanku nanti. Mengapa seseorang bisa menjadi gila? Atau mengapa seseorang bisa menjadi psikopat? Mengapa mereka bisa menjadi kriminal? Dan mungkin ide-ide dalam cerita akan lebih rasional. Hehehe.

Aku sudah mengamati apa saja mata kuliah psikologi di berbagai universitas. Hmm... sepertinya mengasyikkan meskipun aku belum tahu pasti. Tapi aku bener-bener ingin belajar dengan giat.

Entah kenapa aku bahagia banget milih jurusan psikologi, seperti... menemukan diri sendiri. Berbeda tahun kemarin, setiap hari seperti beban. Masuk Informatika susah, meskipun kutahu udah masuk bakal jauh lebih susah lagi. Dan teman-temanku yang udah di Informatika memang mengakui, Seorang Maryam Qonita yang mencintai kebebasan gak cocok disana.

Senin, 21 Januari 2013

Tidak Pacaran Apakah Munafik??



Beberapa waktu yang lalu, ada yang bertanya di komentar postingan blog yang berjudul "10 Logika Penangkal Pacaran Islami". Karena pertanyaannya cukup unik dan menantang, bahwa apakah tidak pacaran=munafik? Maka aku ingin membalasnya di postingan yang baru. Mudah-mudahan ini jawaban yang cukup memuaskan. 

PERTANYAAN
 
assalaamu'alaikum akhii wa ukhtii yang Insyaaa ALLAAH senantiasa dirahmati oleh AllaaH...
ada yang mau ana tanyakan nih akh/ukht.....
ada salah satu temen ana ngomong seperti ini :

"Kl org2 yg setuju sm pndpat pacaran=haram,tp sbner ny dihati ny pgn bgt bwt pcaran,kepikiran trus pgn pnya pcr dsb,tp di mulut ny blg ga mw pcran atw anti pacaran,brati org2 ni bsa disebut MUNAFIK???
Atw yg setuju pacaran=haram tp ttp pcran,dsebut MUNAFIK donk???

Krn mnrt kamus besar bahasa indonesia,munafik tu 

mu.na.fik
[a] berpura-pura percaya atau
setia dsb kpd agama dsb, tetapi
sebenarnya dl hatinya tidak; suka
(selalu) mengatakan sesuatu yg
tidak sesuai dng perbuatannya; bermuka dua.

coba skrg pilih
1.ga pake pacaran,jd kl mw nikahin lgsg lamar
2.pake pacaran sblm ke jenjang prnikahan

Kl ane jjur aj plih yg no 2.sesuai kta hati (ga munafik) :))".

kesimpulannya, dia lebih mengutamakan hawa nafsu sebagai jalan satu-satunya supaya gak dianggap orang munafiq.....na'uudzubillaaHi mindzaalik.
naah jika ada pertanyaan dan pernyataan seperti itu, apa jawaban terbaik untuk menanggapinya ???

syukron jazakumullaaHu khairan katsiiron

JAWABAN

Walaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh  

Akh Muhammad Nazar, yang juga senantiasa dalam perlindungan Allah insyaa Allah. 

rasa tertarik dan rasa suka pada lawan jenis itu kan fitrah bagi manusia. Allah. menjadikan indah pandangan kita pada lawan jenis (Ali-Imron: 14) , Tapi yang perlu diperjelas disini,TIDAK PACARAN BUKAN tergolong orang munafik. Rasanya temen antum itu harus lebih banyak mengkaji kajian keislaman lagi sebelum dia menafsirkan makna hadits. 

Hadis Abdullah bin Amru r.a katanya: Rasulullah saw bersabda :


‏أربع من كن فيه كان منافقا خالصا ومن كانت فيه ‏ ‏خلة ‏ ‏منهن كانت فيه ‏ ‏خلة ‏ ‏من نفاق حتى يدعها إذا حدث كذب وإذا عاهد غدر وإذا وعد أخلف وإذا خاصم ‏ ‏فجر

"Ada empat perkara jika sesiapa yang mempunyai empat perkara tersebut, maka dia merupakan orang munafik. Sesiapa yang bersifat dengan salah satu daripadanya bererti dia bersifat kemunafikan, sehinggalah dia meninggalkannya iaitu apabila bercakap dia berbohong, apabila membuat persetujuan dia mengkhianati, apabila berjanji dia menyalahi dan apabila berlaku pertikaian dia melampaui batas" [Hadith Sahih Riwayat Muslim]

Agaknya hadits tentang ini sudah sering antum dengar kan??

Jadi munafik BUKAN: Jika berkeinginan atau berhasrat, tapi tidak memenuhi hasratnya itu. Naudzubillah!!

"Tetapi manusia hendak membuat maksiat terus menerus" (Al-Qiyamah: 5) 

Ayat ini menunjukkan bahwa sesungguhnya kehendak/keinginan manusia adalah memang untuk bermaksiat. Karena bukankah jalan bermaksiat itu lebih mudah dibandingkan jalan untuk beribadah dan bertakwa???
Jika bertakwa(tidak pacaran)=Munafik, maka untuk apa diturunkan Al-Quran sebagai peringatan? Andaikan seluruh hasrat dan isi hati manusia itu baik, maka tidak perlu diturunkan Al-Quran pun manusia akan selalu melaksanakan kebaikan. Tapi nyatanya TIDAK (Zaman Jahiliyah, manusia malah menyembah Berhala), Al-Quran itu diturunkan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

"Seandainya kebenaran itu mengikuti keinginan hawa nafsu mereka, tentu kerusakan dan kejahatan akan merajalela di muka bumi dan, tentu, keinginan itu akan saling bertentangan. Akan tetapi, Kami menurunkan al-Qur'n kepada mereka yang mengingatkan pada kebenaran yang diakui oleh semua orang. Tetapi, meskipun demikian, mereka tetap menolaknya" (Al-Mu'minun: 71)
Studi kasus 

#1, hasrat manusia itu ingin tidur pulas di malam hari. Tapi Allah menyuruh bangun di sepertiga malam untuk sholat tahajud. Betul kan? Berarti apakah manusia yang sholat malam (Tidak menuruti hasrat dan keinginannya untuk tidur lagi) disebut orang munafik?

#2, hasrat manusia itu ingin makan enak, minum segar di siang hari. Tapi Allah menyuruh puasa di bulan Ramadhan, puasa sunnah senin Kamis, puasa sunnah Daud, Bulan Muharram, dan Dzulhijah. Jadi apakah mereka yang taat puasa (tidak menurut hasrat hatinya untuk makan enak dan minum segar), disebut orang munafik juga??

#3, hasrat manusia itu melihat lawan jenis indah di pandang, melihat boyband dan girlsband Korea itu keren2 dan cantik2. Tapi Allah membenci perbuatan manusia mengikuti orang-orang kafir. Memuja-mujanya berlebihan dan mengikutinya. Makanya tiket konser bisa habis dalam semalam lebih dari puluhan ribu lembar. Sementara pengajian bisa dihitung jari. Makanya surga letaknya di atas, karena sulit dicapai. Dan Neraka di bawah, karena ada hukum gravitasi, dimana manusia cenderung lebih suka jalan yang mudah ke neraka.

Terlepas dari itu, Islam itu sudah mudah tanpa harus dipermudah. Contoh, Allah membolehkan tayamum jika tak ada air, Allah membolehkan sholat dijamak jika diperjalanan, Allah pun membolehkan pernikahan untuk menjaga diri dari fitnah dan membina keharmonisan dalam bahtera yang halal. Dan masih banyak lagi kemudahan Islam yang lain.

 Dan semua perintah Islam itu adalah untuk kebaikan seluruh umat. Sehingga saya sudah telanjur terpesona dan kagum dalam konsep Islam berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Sebaiknya, para pelaku pacaran yang justru tidak boleh munafik ketika ditanya: “Bukankah pacaran membuang waktu? Membuang uang? Menguras pikiran? Dan lebih banyak madhorot daripada manfaatnya?”

Minggu, 20 Januari 2013

Vakum Sementara........


Hwwaa………… !!!

Ngibas-ngibas blog yang penuh sarang laba-laba

Nyapu debu-debu yang mulai berserakan….

Afwan jiddan ya sahabat santri menulis, aku berharap bisa ngeblog lagi nanti setelah selesai hafalan Quran dan setelah SBMPTN tahun 2013 ini…..

Tapi untuk sementara waktu, beberapa bulan kedepan bakal vakum dulu ya....

Insya Allah, artikel kedepan bakal banyak yang lebih keren J Udah banjir nih isi kepala pengen numpahin semuanya. Tapi harus bisa nahan hasrat yang satu ini……….. (Pengen ngeblog J)

Doakan saya…..

Sekarang saya ingin mengejar cita-cita saya yang tertinggi dan tidak boleh ditunda-tunda lagi!

Hafizhoh 30 Juz di PTQT Al-Hikmah, Bobos, Cirebon

Lalu lulus PTN yang sampai sekarang masih jadi cita-cita saya……..

Tak pernah berhenti berharap, tak pernah berhenti mencoba selama kesempatan masih ada . Betul??

Wish Me Luck J

Minggu, 28 Oktober 2012

Ternyata Orang Kafir Bisa Masuk Surga?


Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan dan sombong kepada ayat-ayat kami, Tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit. Dan mereka tidak akan masuk surga sampai unta bisa masuk ke lubang jarum, dan begitulah balasan bagi orang yang terkutuk.” (QS. AL-A’raaf 7:40)

Kitab tafsir menjelaskan bahwa ayat itu mengandung ajaran keimanan dan akhlak. Orang kafir tidak mungkin masuk surga, sebagaimana mustahilnya unta masuk lubang jarum. Tapi benarkah itu mustahil?? Yuk lahap bacaan di bawah ini!!!

Karl Schwarschild, pakar astrofisika bilang bahwa black hole (lubang hitam) adalah objek aneh di ruang angkasa yang dibungkus oleh sesuatu yang disebut event-horizon. Apapun yang masuk melintasi batas tersebut akan tersedot ke dalam dan tidak bisa kembali. Menurut Timothy Ferrys, semakin kuat menyedot, dahsyatnya bisa diumpamakan apabila kaki masuk duluan, kepala ketinggalan. Maka seekor unta yang masuk ke sana akan terulur menjadi sebesar benarng sehingga masuk ke lubang jarum. Penggambaran yang dikemukan Timothy persis seperti dalam Surat Al-A’raaf barusan. Allahu Akbar! Walhasil bukan mustahil unta masuk lubang jarum. Itu satu.

Kedua, para ahli menyebut black hole sebagai gerbang, tempat masuk. Persis istilah Al-Quran dalam ayat di atas, “aswabus sama’i”, pintu gerbang langit. Di dasar lubang hitam, ruang dan waktu berhenti menjadi singularitas, persis sebagaimana pernyataan Surat Yaasin ayat 64 yang menyatakan, Bila kami kehendaki tentu akan kami jadikan mereka tetap berlaku di tempatnya, tidak bisa maju dan tidak bisa mundur.

Ketiga, menurut Martin Rees, dalam Our Cosmic Habitat, ruang angkasa dilobangi dengan terbentuknya black hole. Yaitu bintang yang termonuklirnya padam, runtuh ke dalam karena kekuatan gravitasi sendiri sehingga cahayanya tersedot. Persis seperti isyarat Al-Quran dalam surat At-Thaariq ayat 1-3, Demi langit yang datang pada malam hari, tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu? (yaitu) bintang yang cahayannya melobangi. Kata tsaqib dalam bahasa arab artinya membuat lubang kecil seperti dengan jarum dan paku.

Rupanya Allah SWT mengungkapkan rahasia alam ciptaannya dengan cara menarik rasa penasaran kita terhadap kalimat tertentu. Kalau kita terus-terusan pasif, tentu gak akan menemukan hikmah lebih dalam. Islam akan bisa maju bersaing di dunia bila para ilmuwan Muslim senantiasa kritis menggali ungkapan-ungkapan tersembunyi dalam ayat-ayat Al-Quran.

Fenomena unta masuk lubang jarum yang dulu ditafsirkan mustahil, sekarang harus diralat sebagai suatu yang mungkin saja terjadi. Tetapi bagaiman dengan mustahilnya orang kafir masuk surga? Bukankah Allah menjanjikan orang-orang kafir kekal di neraka??

Jika kita perhatika sering sekali ada perbedaan kekal di neraka dan kekal di surga. Contohnya dalam surat At-Taghabun dan Al-Bayyinah. Dalam surat Al-Bayyinah ayat 6-8 Allah berfirman, “sesungguhnya orang-orang kafir ahli kitab dan orang-orang musyrik akan masuk neraka jahannam, mereka kekal di dalamnya. Sesungguhnya orang-orang beriman dan beramal sholeh, merekalah sebaik-baik makhluk, balasan mereka di sisi Tuhan ialah surga Adn yang mengalir sungai di bawahnya, mereka kekal abadi di dalamnya...”

Jumat, 26 Oktober 2012

Wanita Pembenci Rasulullah SAW



Tersebutlah seorang wanita tua yang sedang melintasi gurun pasir dengan membawa beban yang berat. Walaupun tampak sangat kepayahan, namun ia tetap berusaha membawa barang bawaannya dengan sekuat tenaga. Tak lama kemudian, seorang laki-laki muda datang dan menawarkan diri untuk mengangkat bawaannya. Wanita malang itu menerima tawaran tersebut dengan senang hati. Laki-laki itupun mengangkat bawaannya kemudian mereka berjalan beriringan.

“Senang sekali kamu mau membantu dan menemani saya, saya sangat menghargainya,” kata wanita itu. Ternyata ia adalah seorang wanita yang senang sekali berbicara. Laki-laki itu pun dengan sabar mendengarkan sambil tersenyum tanpa pernah menginterupsinya.

Suatu saat wanita itu berkata pada laki-laki tersebut, “Anak muda, selama kita berjalan bersama, saya hanya punya satu permintaan. Jangan berbicara apapun tentang Muhammad! Gara-gara dia tidak ada lagi rasa damai dan saya sangat terganggu dengan pemikirannya. Jadi sekali lagi, jangan berbicara apapun tentang Muhammad!”

Dia lalu melanjutkan lagi, “Orang itu benar-benar membuat saya kesal. Saya selalu mendengar nama dan reputasinya kemanapun saya pergi. Dia dikenal berasal dari keluarga dan suku yang terpercaya, tapi tiba-tiba dia memecah belah orang-orang dengan mengatakan bahwa Tuhan itu satu. Dia menjerumuskan orang yang lemah, orang miskin, dan budak-budak. Orang-orang itu berpikir mereka akan menemukan kekayaan dan kebebasan dengan mengikuti jalannya.”

Wanita itu melanjutkan lagi dengan kesal, “Dia merusak anak-anak muda dengan memutarbalikkan kebenaran. Dia meyakinkan mereka bahwa mereka kuat dan bahwa ada suatu tujuan yang bisa diraih. Jadi anak muda, jangan sekali-kali kamu berbicara tentang Muhammad!”

Tak lama kemudian, mereka sampai ke tempat tujuan. Laki-laki itu menurunkan barang bawaannya. Wanita tua itu menatapnya sambil tersenyum penuh terimakasih. “Terimakasih banyak, anak muda. Kamu sangat baik. Kemurahan hati dan senyuman kamu itu sangat jarang saya temukan. Biarkan saya beri kamu satu nasihat, jauhi Muhammad! Jangan pernah memikirkan kata-katanya atau mengikuti jalannya! Kalau kamu lakukan itu, kamu tidak akan pernah mendapatkan ketenangan. Yang ada hanya masalah.”

Pada saat laki-laki itu berbalik menjauh, wanita itu menghentikannnya, “Maaf, sebelum kita berpisah, boleh saya tahu namamu anak muda?” tanya wanita tersebut. Lalu laki-laki itu memberitahukannya dan wanita itu terkejut setengah mati.

“Maaf, apa yang kamu bilang? Kata-katamu tidak terdengar jelas. Telinga saya semakin tua, terkadang saya tidak bisa mendengar dengan baik. Kelihatannya lucu, saya pikir tadi saya mendengar kamu mengucapkan Muhammad...?”

“Saya Muhammad,” laki-laki itu mengulang kata-katanya lagi pada wanita tua itu. Wanita itu terpaku memandangi Rasulullah SAW. Tak berapa lama, meluncur kata-kata dari mulutnya, “Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan-Nya.”

Demikianlah Rasulullah hanya dengan dua kata dari mulutnya yang mulia, serta dibekali kerendahan hati, kesabaran, dan kewibawaan yang luar biasa, beliau sanggup mengubah hati seorang wanita tua yang sebelumnya sangat membencinya menjadi mencintainya hanya dalam waktu singkat. Betapa agungnya pribadi beliau.

Senin, 08 Oktober 2012

Tiadakah Kamu Cemburu ??

Koq... mereka pacaran kita gak boleh..???
Koq... mereka dengerin lagu-lagu jahiliyah kita gak boleh...??
Koq... mereka bergosip ria, kita gak boleh...??
Koq... mereka pakai baju tank top dan rok mini, kita harus pakai baju selebar karung beras dan jilbab sebesar taplak meja...?? :D

Berhenti membandingkan diri dengan remaja masa kini, sahabat...!!
Bayangkan.... j...
ika kita berada di zaman Nabi SAW...
Saat orang-orang rela mengorbankan jiwa, harta, raga, di jalan Allah SWT.
Berlomba-lomba menegakkan ISLAM di bawah naungan pedang.

Untuk wanita bergelar muslimah...
Sudahkah selembut Khadijah? Sudahkah sesabar Fatimah? Sudahkah secerdas Aisyah atau seqawwamah Hafshoh? Seberani Shafiyah? Setegar Bunda Hajar? Seperkasa Asmaa? Setaqwa Zainab? Atau sesuci Bunda Maryam..??

Untuk lelaki yang bergelar Muslim...
Sudahkah selembut Abu Bakar Ash-Shiddiq? Sebijaksana Umar bin Khattab? Sedermawan Utsman bin Affan? Sepintar Ali bin Abi Thalib? Sesederhana Bilal bin Rabah? Setegar Khalid bin Walid?

Dengan mereka... Tiadakah Kamu Cemburu???

Pejamkan mata... Lantangkan dalam dada satu azzam mengguncang Arsy Ar-Rahman...
TIME TO HIJRAH... TIME TO CHANGE COZ ALLAH...

Karena kesenangan Allah melihat hamba-Nya bertobat jauh melebihi kesenangan seorang pria kehausan yang menemukan untanya di tengah padang pasir

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...