Minggu, 13 Agustus 2017

15 Mitos & Fakta Kesehatan Reproduksi Wanita



Mitos: Anda hanya akan bisa hamil setelah menstruasi.
Fakta: Sebenarnya perempuan tetap akan bisa hamil meski belum mendapatkan menstruasi pertamanya karena hal ini berkaitan dengan kematangan sel telur, bukan tentang sudah atau belumnya menstruasi pertama. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Mitos: Anda tidak bisa hamil jika berhubungan saat menstruasi.
Fakta: Anda tetap bisa hamil bahkan jika berhubungan seksual saat menstruasi. Ini karena sperma laki-laki dapat berada dalam tubuh wanita hingga lima hari. Maka jika periode menstruasi pendek, pembuahan tetap dapat terjadi.

Mitos: Ingin menstruasi lancar, sering-seringlah minum soft drink.
Fakta: Tidak ada penelitian khusus tentang ini. Menstruasi lancar dipengaruhi oleh factor hormone dan psikis seseorang.

Mitos: Loncat-loncat akan mengeluarkan spermatozoa dan mencegah pembuahan.
Fakta: Ketika spermatozoa  telah memasuki tubuh wanita, maka spermatozoa akan mencari sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi. Loncat-loncat tidak akan mengeluarkan spermatozoa.

Mitos: Pil KB memicu penambahan berat badan
Fakta: Meskipun hasil percobaan klinis tidak bisa membuktikan hubungan antara pil kontrasepsi oral dan penamabahan badan, tetap saja banyak perempuan yang meyakini hubungan tersebut.
Sebuah review yang menganalisis 44 percobaan menemukan bahwa meskipun beberapa partisipan mengalami penambahan berat badan, tidak ada bukti bahwa pemicunya adalah pil KB.

Mitos   : Menstruasi yang normal itu lamanya pasti seminggu.
Fakta  : tentu saja pendapat ini salah.  Setiap perempuan pasti memiliki masa menstruasi yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari.  Perempuan yang memiliki masa menstruasi tiga, empat, atau lima hari masih dianggap normal.

Mitos   : Jangan minum es saat menstruasi.
Fakta  : sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi.  Terutama efek menghambat aliran darah. 

Mitos: Pil KB membuat Rahim kering dan sulit mempunyai anak di masa depan.
Fakta: Pil KB adalah salah satu metode paling reversibel, artinya kesuburan bisa dapat langsung kembali setelah pemakaian dihentikan. Jadi tidak usah khawatir.

Mitos: Tidak boleh berenang saat menstruasi karena akan menyebabkan kematian.
Fakta: berenang saat menstruasi boleh dilakukan selama memakai pembalut dan tidak merasa risih. Hal ini sama sekali tidak berpengaruh kepada kesehatan apalagi menyebabkan kematian.

Mitos: Kita bisa mengetahui perempuan masih perawan atau tidak dari cara dia berjalan.
Fakta: Keperawanan ditentukan dari sudah atau belumnya seseorang melakukan hubungan seksual. Keperawanan tidak bisa dilihat dari cara berjalan atau dari kondisi selaput daranya.

Mitos: Pembalut dapat menyebabkan kemandulan.
Fakta: penggunaan pembalut saat sedang menstruasi justru menjaga agar vagina tetap bersih dan tidak lembab. Meski begitu, sebaiknya pembalut diganti setiap empat jam sekali terutama saat haid sedang banyak-banyaknya. Jika pembalut jarang diganti, jamur dapat tumbuh dan menyebabkan keputihan.

Mitos: Perempuan yang masih perawan akan berdarah saat pertama kali melakukan hubungan seksual.
Fakta: Selaput dara bersifat elastis dan tidak semua perempuan akan berdarah saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Selaput dara bisa robek bahkan hanya karena hal-hal kecil seperti olahraga dsb. Jika selaput dara seseorang benar-benar elastis, bahkan berhubungan seksual berkali-kali pun belum tentu akan langsung robek dan berdarah.

Mitos: Saya sudah cukup berumur jadi tidak mungkin hamil.
Fakta: Selama Anda masih mengalami menstruasi, kapanpun Anda akan bisa hamil.

Mitos: Hubungan badan yang dilakukan sekali tidak akan menyebabkan kehamilan.
Fakta: Kehamilan disebabkan oleh sperma laki-laki yang bertemu dengan sel telur. Hal ini dapat terjadi meski baru berhubungan seks satu kali.

Mitos: Makan nanas dapat menggugurkan janin.
Fakta: segala makanan yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan gangguan pada alat pencernaan, bukan pada alat reproduksi.

Mitos: Saat sedang menstruasi jangan mencukur bulu kemaluan. Atau bulu kemaluan, rambut, dan kuku yang dipotong harus ikut dimandikan bersama saat mandi besar.

Fakta: mencukur bulu kemaluan akan menyebabkan vagina lebih bersih dan terjaga, apalagi saat haid dimana vagina perlu dijaga agar tidak lembab.

Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...