Wednesday, April 20, 2011

500 Daftar Kata Baku dan Tidak Baku





Daftar kata baku dan tidak baku ini saya susun berdasarkan artikel, buku, dan kamus besar bahasa Indonesia. Mengetahui banyaknya salah mengeja dalam bahasa Indonesia, agaknya memuat artikel daftar kata baku dan tidak baku ini sangat bermanfaat. Yuk, langsung simak apa aja kata-kata yang baku dan tidak baku tersebut. Insya Allah saya sudah mengecek ulang di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Catatan: yang benar adalah kata yang pertama dituliskan. Selanjutnya diikuti dengan kata yang salah.

Huruf A
Abjad (bukan) Abjat

Acap kali (bukan) Acapkali
Adakalanya (bukan) Ada kalanya
Adang (bukan) Hadang

Adhesi (bukan) Adesi
Adiluhung (bukan) Adi luhung
Aerobik (bukan) Erobik
Afdal (bukan) Afdhol, Afdol
aktivitas (bukan) aktifitas

Akhirat    (bukan) Akherat
Aksesori (bukan) Asesoris
Akuarium (bukan) Aquarium

Akuatik (bukan) Aquatik
Aluminium (bukan) Almunium
Alquran (bukan) Al-Quran, Al-Qur’an
Ambulans (bukan) Ambulan, Ambulance

Amendemen (bukan) Amandemen
Amfibi (bukan) Amphibi, Ampibi

Amonia (bukan) Amoniak
Analisis (bukan) Analisa
Anda (bukan) anda
Andal (bukan) Handal
Andam (bukan) Handam

Antarinstansi (bukan) Antar-instansi
Antena (bukan) Antene
Antre (bukan) Antri
Anugerah (bukan) Anugrah
Anutan (bukan) Panutan
Apotek (bukan) Apotik

Artefak (bukan) Artifak
Asas (bukan) Azas
Asasi (bukan) Azasi

Astronout (bukan) Astronot
Asyik (bukan) Asik
Ateis (bukan) Atheis

Ateisme (bukan) Atheisme
Atlet (bukan) Atlit
Atmosfer (bukan) Atmosfir
Autentik (bukan) Otentik
Autobiografi (bukan) Otobiografi

Autopsi (bukan) Otopsi
Azan (bukan) Adzan

Huruf B
Balans (bukan) Balan

Balig (bukan) Baligh
Balsam (bukan) Balsem
Batalion (bukan) Batalyon
Baterai (bukan) Baterei / Batre 

Becermin (bukan) Bercermin
Belasungkawa (bukan) Bela sungkawa
Berandal (bukan) Brandal
Berangus (bukan) Brangus

Berantas (bukan) Brantas
Berengsek (bukan) Brengsek
Berkah (bukan) Barokah

Bertanggung jawab (bukan) Bertanggungjawab
Besok (bukan) Esok

Biosfer (bukan) Biosfir 
Blanko (bukan) Blangko
Boling (bukan) Bowling 
Bolpoin (bukan) Bolpen
Boraks (bukan) Borax
Bosan (bukan) Bosen
Brankas (bukan) Berankas
Bujet (bukan) Budget
Bumiputra (bukan) Bumi putra
Bus (bukan) Bis

Huruf C
Cabai (bukan) Cabe
Capai (bukan) Capek

Cecak (bukan) Cicak
Cedera (bukan) Cidera
Cendekia (bukan) Cendikia

Cendekiawan (bukan) Cendikiawan
Cendera mata (bukan) Cinderamata

Cengkerama (bukan) Cengkrama
Cengkih (bukan) Cengkeh

Cokelat (bukan) Coklat

Huruf D
Dahsyat (bukan) Dahsat/dasyat

Dahulu (bukan) Dulu
Daripada (bukan) Dari pada
Darmasiswa (bukan) Darma siswa
Darmawisata (bukan) Darma wisata
Dasbor (bukan) Dasbord
Debit (bukan) Debet

Debitur (bukan) Debitor
Definisi (bukan) Difinisi

Dekret (bukan) Dekrit
Depot (bukan) Depo
Desain (bukan) Disain
Detail (bukan) Detil

Detergen (bukan) Deterjen
Deviasi (bukan) Defiasi
Diagnosis (bukan) Diaganosa

Diesel (bukan) Disel
Diferensial (bukan) Differensial
Digit (bukan) Dijit
Diskotek (bukan) Diskotik
Dramatisasi (bukan) Dramatisir
Doa (bukan) Do’a
Dolar (bukan) Dollar

Doping (bukan) Dopping
Dukacita (bukan) Duka cita

Dupleks (bukan) Duplex
Durian (bukan) Duren

Huruf E
Efektif (bukan) Efektip

Efektivitas (bukan) Efektifitas
Eksem (bukan) Eksim

Eksklusif (bukan) Eksklusiv
Eksplisit (bukan) Explisit
Eksponen (bukan) Eksponent
Ekspor (bukan) Eksport
Ekspres (bukan) Expres
Ekstra (bukan) Extra
Ekstrakurikuler (bukan) Ekstrakulikuler
Ekstrem (bukan) Ekstrim

Ekstremis (bukan) Ekstrimis 
Ekstrover (bukan) Ekstrovert
Ekuivalen (bukan) Ekuifalen
Elektrode (bukan) Elektroda
Elips (bukan) Elip
Elite (bukan) Elit
Email (bukan) E-mail
Embus (bukan) Hembus
Empas (bukan) Hempas

Esai (bukan) Esei/Essay
Esens (bukan) Esense

Huruf F
Faksimile (bukan) Faksimili
Februari (bukan) Pebruari

Figur (bukan) Figure 
Film (bukan) Filem 
Fiologi (bukan) Phiologi
Fondasi (bukan) Pondasi
Formal (bukan) Formil
Fosfor (bukan) Pospor
Fondasi (bukan) Pondasi

Foto (bukan) Poto
Fotokopi (bukan) Photocopy

Fotomodel (bukan) Foto model 
Fotosintesis (bukan) Fotosintesa
Fraksinasi (bukan) Fraksinase
Frasa (bukan) Frase
Frekuensi (bukan) Frekwensi

Huruf G
Gaib (bukan) Ghaib/Ghoib

Gangster (bukan) Gengster
Ganjal (bukan) Ganjel
Gatal (bukan) Gatel
Geladi (bukan) Gladi
Gelora (bukan) Glora
Genius (bukan) Jenius
Genting (bukan) Genteng

Gereget (bukan) Greget
Glukosa (bukan) Glukose

Griya (bukan) Gria
Grup (bukan) Group
Gua (bukan) Goa
Gubuk (bukan) Gubug
Gudeg (bukan) Gudek

Huruf H
Hadis (bukan) Hadits
Hafal (bukan) Hapal
Hakikat (bukan) Hakekat
Halalbihalal (bukan) Halal bihalal

Hangus (bukan) Angus
Harfiah (bukan) Harafiah

Hektare (bukan) Hektar
Herpes (bukan) Herfes/Herves
Heterografi (bukan) Hetrografi
Hierarki (bukan) Hirarki
Hipotesis (bukan) Hipotesa

Histori (bukan) History

Huruf I
Ideologi (bukan) Idiologi

Ihram (bukan) Ikhram/Ihrom
Ijazah (bukan) Ijasah
Ikat (bukan) Iket
Ikhlas (bukan) Iklas/Ihlas
Imajinasi (bukan) Imaginasi
Imbau (bukan) Himbau
Impit (bukan) Himpit

Impor (bukan) Import
Indra (bukan) Indera

Indragiri (bukan) Inderagiri
Infus (bukan) Inpus
Ingin (bukan) Pengen
Insaf (bukan) Insyaf
Intelijen (bukan) Intelejen

Intens (bukan) Inten
Intermeso (bukan) Intermezzo
Introspeksi (bukan) Interopeksi
Isap (bukan) Hisap

Islamiah (bukan) Islamiyah
Isra (bukan) Isra' / Isro
Istigfar (bukan) Istighfar
Istri (bukan) Isteri

Huruf J
Jadwal (bukan) Jadual

Jasad (bukan) Jasat
Jemaah (bukan) Jama'ah
Jemawa (bukan) Jumawa

Jenazah (bukan) Jenasah
Jender (bukan) Gender
Jenderal (bukan) Jendral

Judo (bukan) Yudo
Jumat (bukan) Jum’at

Junior (bukan) Yunior
Justru (bukan) Justeru

Huruf K
Kabar (bukan) Khabar
Kacamata (bukan) Kaca mata
Kaidah (bukan) Kaedah

Kakbah (bukan) ka'bah
Kanguru (bukan) Kangguru
Kanker (bukan) Kangker
Karena (bukan) Karna
Karier (bukan) Karir
Karisma (bukan) Kharisma

Karnaval (bukan) Karnafal
Kasatmata (bukan) Kasat mata

Kasrah (bukan) Kasroh
Katalisis (bukan) Katalisa
Katapel (bukan) Ketapel
Kategori (bukan) Katagori

Katolik (bukan) Katholik
Kaus (bukan) Kaos

Kebun (bukan) Kebon
Kedaluwarsa (bukan) Kadaluarsa/Kadaluwarsa
Kedelai (bukan) Kedelei
Kelengkeng (bukan) Klengkeng
Kemarin (bukan) Kemaren
Kempis (bukan) Kempes
Kendaraan (bukan) Kenderaan

Kendur (bukan) Kendor
Kesatria (bukan) Ksatria

Khatam (bukan) Hatam/Khotam
Khawatir (bukan) Kuatir
Khotbah (bukan) Khutbah
Khuldi (bukan) Kuldi
Khusyuk (bukan) Khusuk
Kiai (bukan) Kiyai
Kilometer (bukan) Kilo meter

Klien (bukan) Client
Kliping (bukan) Keliping
Kloter (bukan) Keloter
Koboi (bukan) Koboy
Komersial (bukan) Komersil
Komoditas (bukan) Komoditi

Kompleks (bukan) Komplek
Komplet (bukan) Komplit
Konferensi (bukan) Konperensi

Konfirmasi (bukan) Komfirmasi
Kongres (bukan) Konggres
Konkret (bukan) Kongkrit
Konstanta (bukan) Konstan

Konsumtif (bukan) Konsumtip
Koordinasi (bukan) Koordinir
Korsleting (bukan) Konsleting
Kover (bukan) Cover

Kreatif (bukan) Kreatip
Kreativitas (bukan) Kreatifitas
Kredit (bukan) Kridit

Kreditur (bukan) Kreditor
Kualitas (bukan) Kwalitas
Kuantitas (bukan) Kwantitas
Kuintal (bukan) Kintal
Kuitansi (bukan) Kwitansi

Kuorum (bukan) Kworum
Kuota (bukan) Kwota, Kuotum

Huruf L 

Laba-Laba (bukan) Labah-Labah
Label (bukan) Lebel
Lafal (bukan) Lapal
Lahad (bukan) Lahat

Legalisasi (bukan) Legalisir
Lemari (bukan) Almari
Lembap (bukan) Lembab
Lever (bukan) Liver
Limfa (bukan) Limpa
Linear (bukan) Linier

Litosfer (bukan) Litosfir
Lokakarya (bukan) Loka karya
Lubang (bukan) Lobang

Huruf M
Maaf (bukan) Ma’af/Maap

Macam (bukan) Macem
Magrib (bukan) Maghrib
Majelis (bukan) Majlis
Makhluk (bukan) Mahluk

Maksimum (bukan) Maximum
Manajemen (bukan) Managemen

Manajer (bukan) Manager
Mandek (bukan) Mandeg
Mangkuk (bukan) Mangkok

Mantra (bukan) Mantera
Marah (bukan) Amarah
Masjid (bukan) Mesjid
Massal (bukan) Masal
Masyhur (bukan) Mashur
Matang (bukan) Mateng

Mazhab (bukan) Mahzab
Memengaruhi (bukan) Mempengaruhi
Memercayakan (bukan) Mempercayakan
Memercayakan (bukan) Mempercayakan
Memesona (bukan) Mempesona
Memopulerkan (bukan) Mempopulerkan

Mencolok (bukan) Menyolok
Mencuci (bukan) Menyuci

Mengesampingkan (bukan) Mengenyampingkan
Mengonsumsi (bukan) Mengkonsumsi
Mengubah (bukan) Merubah
Menopause (bukan) Monopause, Manopause

Menteri (bukan) Mentri
Menyontek (bukan) Mencontek

Menyukseskan (bukan) Mensukseskan
Merek (bukan) Merk

Mesosfer (bukan) Mesosfir
Mesti (bukan) Musti
Meterai (bukan) Materai
Metode (bukan) Metoda

Mikraj (bukan) Mi'raj
Mikrob (bukan) Mikroba
Miliar (bukan) Milyar/Miliyar
Misi (bukan) Missi
Monarki (bukan) Monarkhi
Mozaik (bukan) Mosaik
Muazin (bukan) Muadzin, Muadin

Mulia (bukan) Mulya
Mungkir (bukan) Pungkir
Museum (bukan) Musium

Huruf N
Nahas (bukan) Naas

Nakhoda (bukan) Nahkoda, Nakoda
Napas (bukan) Nafas

Narasumber (bukan) Nara sumber
Nasihat (bukan) Nasehat

Negeri (bukan) Negri
Neto (bukan) Netto
Netralisasi (bukan) Netralisir

Nomor (bukan) Nomer
Nonblok (bukan) Non-blok
Nonmiliter (bukan) Non militer
Notula (bukan) Notulen
November (bukan) Nopember

Huruf O
Objek (bukan) Obyek

Objektif (bukan) Obyektif
Ojek (bukan) Ojeg

Oke (bukan) Ok
Olahraga (bukan) Olah raga
Omzet (bukan) Omset
Orang tua (bukan) Orangtua

Organisasi (bukan) Organisir
Orisinal (bukan) Orisinil / Original
Otomatis (bukan) Automatis

Huruf P
Paham (bukan) Faham

Pahit (bukan) Pait
Palem (bukan) Palm
Pancaindra (bukan) Pancaindera, Panca Indera
Pancaroba (bukan) Panca roba

Pancuran (bukan) Pancoran
Paradoks (bukan) Paradox 
Paramedis (bukan) Paramedi
Pascapanen (bukan) Pasca panen
Pascaperang (bukan) Pasca perang
Pascasajana (bukan) Pasca sarjana
Pasfoto (bukan) Pas photo
Paspor (bukan) Pasport

Paviliun (bukan) Pavilion
Pedas (bukan) Pedes
Peduli (bukan) Perduli
Pembaruan (bukan) Pembaharuan

Pensil (bukan) Pinsil
Perajin (bukan) Pengrajin

Peranti (bukan) Piranti
Pergedel (bukan) Perkedel

Permak (bukan) Vermak
Perilaku (bukan) Prilaku
Permukiman (bukan) Pemukiman
Persentase (bukan) Presentase

Persepsi (bukan) Presepsi
Perspektif (bukan) Perespektif
Petai (bukan) Pete
Petai (bukan) Pete
Pikir (bukan) Fikir
Praktik (bukan) Praktek
Prancis (bukan) Perancis

Presidensial (bukan) Presedential
Priayi (bukan) Priyayi

Produktif (bukan) Produktip
Produktivitas (bukan) Produktifitas
Proklamasi (bukan) Proklamir
Protagonis (bukan) Protogonis

Prototipe (bukan) Prototif
Proyek (bukan) Projek
Provinsi (bukan) Propinsi

Psikotes (bukan) Psikotest
Putra (bukan) Putera
Putri (bukan) Puteri

Huruf R
Ramai (bukan) Rame

Ransel (bukan) Rangsel
Rapi (bukan) Rapih
Rapor (bukan) Raport
Reaumur (bukan) Reamur
Realitas (bukan) Realita

Respons (bukan) Respon
Resistans (bukan) Resistan
Restoran (bukan) Restauran

Reumatik (bukan) Rematik
Rezeki (bukan) Rizki, Rejeki
Rezim (bukan) Rejim
Risiko (bukan) Resiko
Ritme (bukan) Ritma
Roboh (bukan) Rubuh

Roh (bukan) Ruh
Rohani (bukan) Ruhani
Rontgen (bukan) Ronsen

Huruf S
Sah (bukan) Syah
Sahaja (bukan) Sehaja

Sahih (bukan) Sohih/Shahih
Saksama (bukan) Seksama

Sambal (bukan) Sambel
Samudra (bukan) Samudera

Sanksi (bukan) Sangsi
Saputangan (bukan) Sapu tangan
Saraf (bukan) Syaraf, Sarap

Sastra (bukan) Sastera
Satai (bukan) Sate

Saus (bukan) Saos
Segitiga (bukan) Segi tiga
Sekadar (bukan) Sekedar
Sekretaris (bukan) Sekertaris
Sekular (bukan) Sekuler
Sepak bola (bukan) Sepakbola

Seprai (bukan) Seprei/Sepre
Seriawan (bukan) Sariawan
Setan (bukan) Syaitan, Syetan

Setrika (bukan) Seterika/Strika
Shalat (bukan) Salat
Silakan (bukan) Silahkan
Sintesis (bukan) Sintesa
Sistem (bukan) Sistim
Sontek (bukan) Contek

Sopir (bukan) Supir
Sportivitas (bukan) Sportifitas
Standardisasi (bukan) Standarisasi

Statosfer (bukan) Statosfir
Stroberi (bukan) Strawbery
Subjek (bukan) Subyek
Sumatra (bukan) Sumatera
Surah (bukan) Surat
Surga (bukan) Syurga, sorga

Survei (bukan) Survey
Sutra (bukan) Sutera

Swiss (bukan) Swis
Syawal (bukan) Sawal
Syahid (bukan) Sahid
Syubhat (bukan) Subhat

Syukur (bukan) Sukur

Huruf T 

Tafsiran (bukan) Tapsiran
Takhayul (bukan) Tahayul
Takhta (bukan) Tahta
Takwa (bukan) Taqwa
Tampak (bukan) Nampak
Tanda tangan (bukan) Tandatangan
Taoco (bukan) Tauco
Taoge (bukan) Tauge/Toge
Teknologi (bukan) Tekhnologi
Teladan (bukan) Tauladan
Teladan (bukan) Tauladan
Telanjur (bukan) Terlanjur
Telantar (bukan) Terlantar
Telentang (bukan) Terlentang
Telepon (bukan) Telpon, Telfon, Tilpon
Tenteram (bukan) Tentram
Teoretis (bukan) Teoritis
Terampil (bukan) Trampil

Termosfer (bukan) Termosfir
Tetapi (bukan) Tapi

Tim (bukan) Team
Tobat (bukan) Taubat
Tolan (bukan) Taulan
Topan (bukan) Taufan

Transpor (bukan) Transport
Triliun (bukan) Triliyun
Tripleks (bukan) Triplek
Trofi (bukan) Tropi
Trotoar (bukan) Trotoir

Huruf U
Ubah (bukan) Rubah
Ubah (bukan) Rubah

Umrah (bukan) Umroh
Unta (bukan) Onta

Urgen (bukan) Urjen/urgent
Urine (bukan) Urin
Ustaz (bukan) Ustadz, Ustad
Ustazah (bukan) Ustadzah
Utang (bukan) Hutan


Huruf V
Varietas (bukan) Varitas

Huruf w

Wali kota (bukan) Walikota
Wasalam (bukan) Wasallam
Wiraswasta (bukan) Wirausaha
 
Huruf Y
Yudikatif (bukan) Judikatif
Yudisial (bukan) Judisial

Yogyakarta (bukan) Jogjakarta

Huruf Z
Zaman (bukan) Jaman

Zamzam (bukan) zam-zam
Zamrud (bukan) Jamrud
Zikir (bukan) Dzikir

Zina (bukan) Zinah / Jinah
Zona (bukan) Zone
Zuhur (bukan) Dzuhur, Lohor


 
You might also like:

PENCARIAN
  • 1000 kata baku dan tidak baku
  • kamus kata baku dan tidak baku
  • kata baku dan tidak baku
  • contoh kata baku dan tidak baku
  • daftar kata baku dan tidak baku lengkap
  • contoh kata baku dan tidak baku
  • contoh kata baku dan tidak baku dalam kehidupan sehari-hari
  • kata baku dan tidak baku beserta artinya

Reactions:
Comments
76 Comments

76 comments:

  1. mampir mbak..
    makasih udah mampir di blogku juga.. :)

    ReplyDelete
  2. sip.. daftarnya jadi lebih lengkap.
    lam kenal y..

    ReplyDelete
  3. waaah.. ternyata banyak yg salah selama ini.. tengkyu yaa.. :)

    ReplyDelete
  4. @ndy_ra, iya mbak. sama-sama.

    @Eko, salam kenal juga.

    @Vita@kriyalea, iya selama ini emang banyak banget yang salah mbak.

    ReplyDelete
  5. sangat informatif...salam kenal, knjugi balik yah

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak n_n
    akhirnya dapat info kesalahan kata untuk membuat proyek akhir
    jazakallah khaira n_n

    ReplyDelete
  7. wah,,ternyata selama ini banyak salahnya,, makasih y ilmunya ^_^

    ReplyDelete
  8. @ricardo, siip... thanks dah berkunjung

    @giassul ma'wa, afwan

    @dwi, sama-sama :)

    @alvina, never mind.. hehe n_n

    ReplyDelete
  9. Sangat bermanfaat. Izin copas. Ayo berbahasa Indonesia. Salam kenal.

    ReplyDelete
  10. @riska amalia martiniJanuary 3, 2012 at 4:38 PM

    kak saya copas yaa.. soalnya add tugas thx :)

    ReplyDelete
  11. masih ada yang salah ni kayaknya
    contoh:
    Marah itu bener tapi bukan berarti kita ga bisa pake amarah.
    Marah= kata sifat
    Amarah= kata benda

    CMIIW

    ReplyDelete
  12. Thanks ! tapi saya bingung ?
    Di buku paket saya apotek itu kata tidak baku sedangkan apotik itu kata yang baku.
    Yang bener yang mana nich ?

    ReplyDelete
  13. ngeri-ngerong
    oke bgt

    ReplyDelete
  14. @riska, silakan...

    @anonim, lah koq anonim sih, tapi tengkyu masukannya.

    @asazblack, thanks. ngeri-ngerong?

    ReplyDelete
  15. yang paling sulit dari kata baku dan tidak baku adalah mengapa kata-kata tersebut dianggap baku. dari mana asal kata tersebut?

    ReplyDelete
  16. @anonim, bukannya itu sudah dikembangin oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa jauh-jauh hari. Asal-usul tiap kata saiia rasa berbeda.

    ReplyDelete
  17. trima ksih ats sharing sharingnya kwan
    smoga bermanfaat...bgi rekan rekan kita semua

    ReplyDelete
  18. @Tegar, haruslah... harus bermanfaat :)

    ReplyDelete
  19. w4duh jad1 b1n9ung, t3rny4t4 y4n9 s3l4m4 1n1 b4ny4k d1p4k3, k3b4ny4k4n s4l4h.

    ReplyDelete
  20. @anonim, bbrp huruf di keyboard rusak?

    ReplyDelete
  21. aduhhh kok yang "y" cm dikit yaaa

    ReplyDelete
  22. ko kata baku dari action dan schizofren gak ada ya?

    ReplyDelete
  23. Mksii ya
    atas semua ini saya bisa mengerjakan tugas saya..:)
    Sekali lagi terimakasih

    ReplyDelete
  24. syukran katsier y mba,,,

    ReplyDelete
  25. @Khala, insya Allah nanti saiia tambah. Makasih masukannya. Ayoo... ada masukan lagi??

    @Anonim, action dan schizofren itu kan bahasa inggris. Kenapa gak cari artinya bahasa indonesia saja?

    @Ahmad, boga? Tata boga atau boga bahasa sunda? hehehe. boga itu kata baku.

    bo·ga n makanan; masakan; hidangan; santapan;
    ber·bo·ga v makan

    @Chika, sama-sama.

    @dewi, afwan.

    ReplyDelete
  26. Blog Walking gan, visit blog saya ya:
    http://newsatthisblog.blogspot.com

    Artikel yang sangat bermanfaat ini :D

    ReplyDelete
  27. terimakasih.....ini sngast mmbantu saya dlm menmgrjakn tgas

    ReplyDelete
  28. KALO MATA PELAJARAN YANG BENAR MANA YA??? DI GANDENG APA DI PISAH...

    ReplyDelete
  29. Apa sih bedanya huruf yang dibold sama yg nggak? Trs yang kata baku yg di depan ya?

    ReplyDelete
  30. @Anonim, ya sama-sama

    @Riril, mata pelajaran pisah

    @Grace Louisa, sama aja, tapi saya gak tahu kenapa bisa ada yang kebold sendiri. Iya, kata baku yang di depan.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Makasih banyak atas info yg sangat bermanfaat ini. Sekarang banyak sekali yang menulis kata "aktifitas" dan "kreatifitas", padahal salah ya. Aku sempat kesal tiap kali lihat kata2 itu, karena nanti maknanya bakal hilang. Tak jarang di buku anak2 terbitan terbaru juga ditulis kata2 seperti itu. Bagaimana nanti anak2 bisa membedakan kata baku dan non baku, sementara banyak kata2 non baku yang sedang merebak?

    Aku ingin bertanya:
    1. Waktu aku SMA di jakarta, semua anak dan guru pakai istilah "remedial"/"remed". Sekarang aku pindah sekolah di Jogja, ternyata anak dan guru disana pakai istilah "remidial"/"remidi". Kira2 kata yang benar yang mana?
    2. Kata "bakal" itu kata baku atau bukan?
    Thanks.

    ReplyDelete
  33. Menurut saya, kata permukiman dan pemukiman keduanya merupakan kata baku tetapi berbeda arti. Permukiman = tempat bermukim, sedangkan pemukiman = proses memukimkan. Bagaimana menurut Anda?

    ReplyDelete
  34. @Nena, tidak ada salahnya kata nonbaku merebak, tapi selama mereka mau belajar tata bahasa dan kaidah yang benar bahasa Indonesia, ada baiknya kita beri tahu mereka kata-kata yang sesungguhnya.
    1. Yang benar itu remedial.
    bukan remed. remidi. atau remidial.
    2. kata bakal itu baku. coba cari di KBBI pasti ketemu.

    ReplyDelete
  35. @anonim, iya saya setuju. guru bahasa indonesia saya pernah berkata seperti itu.

    ReplyDelete
  36. makasih banget yah... artikel nya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  37. Jazakillah, kak :) sangat membantu saya dalam ujian b.indonesia dan menyadari bahwa selama ini banyak juga pengucapan kata yang salah.

    ReplyDelete
  38. @anonim1, sama-sama

    @anonim2, syukron dek.

    ReplyDelete
  39. Terima kasih sangat membantu untuk tugas saya ^^

    ReplyDelete
  40. permisi... sekedar informasi kalau kata "pemukiman" dan "permukiman" 22nya bisa dipakai sebagai kata baku karena kata permukiman itu menunjukkan tempat,wilayah atau area, sedangkan pemukiman berarti memukimkan penduduk.. jadi 2 kata tsb mempunyai 2 arti yg berbeda, tp kalau mau menunjukkan tempat ya ttp pake kata "permukiman" bukan "pemukiman", hehehe... trims :)

    ReplyDelete
  41. yang bukan kata baku yg sebelah kiri ato sebelah kanan ,,,
    kok kalo lihat sebelah kanan yang kata baku ,,, sedangkan kalo sbelah kiri kata bukan baku

    ReplyDelete
  42. yang kata baku yang sebelah kanan atau yang sebelah kiri ,,, :)

    ReplyDelete
  43. makasi infonya,,,,
    membantu ujianku,,,,semoga besok aku bisa mengerjakan UN, dan nilainya bagus bagus.AMIN

    ReplyDelete
  44. Terimakasih, izin copas y thor.

    ReplyDelete
  45. @Juli Anto, yang pertama kata baku. yang kedua bukan kata baku.

    @Muhammad Pamungkas, mudah2an sukses!

    @Anonim, silakaan. asal dicantum sumbernya...

    @Tesar Akram, sama-sama.

    ReplyDelete
  46. Shiip.....Shiip.....Shiip...
    terimakasih......

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah,berkat dari Blog ini saya mendapat pelajaran yang berarti.makasih^^

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  49. Ini baru lengkap, siip dah tugas terselesaikan ..

    mampir juga yah mbak di blog aku ..

    ReplyDelete
  50. Thanks gan buat infonya, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  51. Ijin share di blog saya kak..
    Terima kasih ya,,

    ReplyDelete
  52. kaka cantik.....kalo genteng (atap) kok gak baku yaa
    *garuk2 pala sambil ngupil*

    ReplyDelete
  53. kalau sekarang yang "isis" udah gak dipake lagi kan ya ? jadinya "isa " , analisis salah , yang bener analisa . CMIIW .

    ReplyDelete
  54. akhirnya aku menemukan apa yang aku cari. terima kasih ya.

    ReplyDelete
  55. mksh ya kakk. .akhrnya:-):-):-):-)

    ReplyDelete
  56. Tapi kata guru bahasa indonesia saya, yang benar "Apotek" bukan "Apotik"

    ReplyDelete
  57. @Elsi Iskandar, iya saya menulis yang benar "apotek" dan bukan "apotik" silakan periksa kembali.

    ReplyDelete
  58. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...