Rabu, 20 April 2011

Daftar Kata Baku dan Tidak Baku




Daftar kata baku dan tidak baku ini saya susun berdasarkan artikel, buku, dan kamus besar bahasa Indonesia. Mengetahui banyaknya salah mengeja dalam bahasa Indonesia, agaknya memuat artikel daftar kata baku dan tidak baku ini sangat bermanfaat. Yuk, langsung simak apa aja kata-kata yang baku dan tidak baku tersebut. Insya Allah saya sudah mengecek ulang di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Huruf A
Acap kali (bukan) Acapkali
Adakalanya (bukan) Ada kalanya
Adang (bukan) Hadang
Aerobik (bukan) Erobik
Afdal (bukan) Afdhol, Afdol
aktivitas (bukan) aktifitas
Akuarium (bukan) Aquarium
Alquran (bukan) Al-Quran, Al-Qur’an
Ambulans (bukan) Ambulan, Ambulance
Amfibi (bukan) Amphibi, Ampibi
Analisis (bukan) Analisa
Anda (bukan) anda
Andal (bukan) Handal
Andam (bukan) Handam
Antre (bukan) Antri
Anugerah (bukan) Anugrah
Anutan (bukan) Panutan
Apotek (bukan) Apotik
Asas (bukan) Azas
Asasi (bukan) Azasi
Ateis (bukan) Atheis
Atlet (bukan) Atlit
Atmosfer (bukan) Atmosfir
Autentik (bukan) Otentik
Autobiografi (bukan) Otobiografi
Azan (bukan) Adzan
Huruf B
Balsam (bukan) Balsem
Belasungkawa (bukan) Bela sungkawa
Berangus (bukan) Brangus
Berengsek (bukan) Brengsek
Berkah (bukan) Barokah
Besok (bukan) Esok
Bumiputra (bukan) Bumi putra
Bus (bukan) Bis
Huruf C
Cabai (bukan) Cabe
Capai (bukan) Capek
Cendekiawan (bukan) Cendikiawan
Cenderamata (bukan) Cinderamata
Cengkih (bukan) Cengkeh
Huruf D
Daripada (bukan) Dari pada
Debit (bukan) Debet
Definisi (bukan) Difinisi
Desain (bukan) Disain
Detail (bukan) Detil
Diagnosis (bukan) Diaganosa
Doa (bukan) Do’a
Dolar (bukan) Dollar
Dukacita (bukan) Duka cita
Huruf E
Efektivitas (bukan) Efektifitas
Eksem (bukan) Eksim
Ekstrem (bukan) Ekstrim
Elektrode (bukan) Elektroda
Elips (bukan) Elip
Elite (bukan) Elit
Email (bukan) E-mail
Embus (bukan) Hembus
Empas (bukan) Hempas
Esens (bukan) Esense
Huruf F
Faksimile (bukan) Faksimili
Februari (bukan) Pebruari
Fondasi (bukan) Pondasi
Fotokopi (bukan) Photocopy
Frekuensi (bukan) Frekwensi
Huruf G
Geladi (bukan) Gladi
Genius (bukan) Jenius
Genting (bukan) Genteng
Glukosa (bukan) Glukose
Huruf H
Hadis (bukan) Hadits
Hafal (bukan) Hapal
Hakikat (bukan) Hakekat
Halalbihalal (bukan) Halal bihalal
Harfiah (bukan) Harafiah
Hierarki (bukan) Hirarki
Hipotesis (bukan) Hipotesa
Huruf I
Ijazah (bukan) Ijasah
Imajinasi (bukan) Imaginasi
Imbau (bukan) Himbau
Impit (bukan) Himpit
Indra (bukan) Indera
Ingin (bukan) Pengen
Insaf (bukan) Insyaf
Intelijen (bukan) Intelejen
Introspeksi (bukan) Interopeksi
Isap (bukan) Hisap
Huruf J
Jadwal (bukan) Jadual
Jemawa (bukan) Jumawa
Jender (bukan) Gender
Jenderal (bukan) Jendral
Jumat (bukan) Jum’at
Huruf K
Kabar (bukan) Khabar
Kacamata (bukan) Kaca mata
Kaidah (bukan) Kaedah
Kanguru (bukan) Kangguru
Kanker (bukan) Kangker
Karena (bukan) Karna
Karier (bukan) Karir
Karisma (bukan) Kharisma
Kasatmata (bukan) Kasat mata
Kategori (bukan) Katagori
Kaus (bukan) Kaos
Kempis (bukan) Kempes
Kendaraan (bukan) Kenderaan
Kesatria (bukan) Ksatria
Khawatir (bukan) Kuatir
Khotbah (bukan) Khutbah
Khuldi (bukan) Kuldi
Khusyuk (bukan) Khusuk
Kiai (bukan) Kiyai
Kilometer (bukan) Kilo meter
Komoditas (bukan) Komoditi
Komplet (bukan) Komplit
Konferensi (bukan) Konperensi
Kongres (bukan) Konggres
Konkret (bukan) Kongkrit
Konstanta (bukan) Konstan
Kosakata (bukan) Kosa kata
Kover (bukan) Cover
Kredit (bukan) Kridit
Kualitas (bukan) Kwalitas
Kuantitas (bukan) Kwantitas
Kuintal (bukan) Kintal
Kuitansi (bukan) Kwitansi
Kuota (bukan) Kwota, Kuotum
Huruf L
Laba-Laba (bukan) Labah-Labah
Lahad (bukan) Lahat
Lembap (bukan) Lembab
Lever (bukan) Liver
Limfa (bukan) Limpa
Linear (bukan) Linier
Lokakarya (bukan) Loka karya
Lubang (bukan) Lobang
Huruf M
Maaf (bukan) Ma’af
Majelis (bukan) Majlis
Makhluk (bukan) Mahluk
Manajemen (bukan) Managemen
Mangkuk (bukan) Mangkok
Marah (bukan) Amarah
Masjid (bukan) Mesjid
Massal (bukan) Masal
Masyhur (bukan) Mashur
Matang (bukan) Mateng
Memercayakan (bukan) Mempercayakan
Memercayakan (bukan) Mempercayakan
Memesona (bukan) Mempesona
Memopulerkan (bukan) Mempopulerkan
Mencuci (bukan) Menyuci
Menopause (bukan) Monopause, Manopause
Menyontek (bukan) Mencontek
Merek (bukan) Merk
Mesti (bukan) Musti
Meterai (bukan) Materai
Metode (bukan) Metoda
Mikrob (bukan) Mikroba
Miliar (bukan) Milyar
Misi (bukan) Missi
Monarki (bukan) Monarkhi
Mozaik (bukan) Mosaik
Muazin (bukan) Muadzin, Muadin
Mungkir (bukan) Pungkir
Museum (bukan) Musium
Huruf N
Nakhoda (bukan) Nahkoda, Nakoda
Napas (bukan) Nafas
Nasihat (bukan) Nasehat
Netralisasi (bukan) Netralisir
Huruf O
Objek (bukan) Obyek
Ojek (bukan) Ojeg
Olahraga (bukan) Olah raga
Omzet (bukan) Omset
Orang tua (bukan) Orangtua
Otomatis (bukan) Automatis
Huruf P
Paham (bukan) Faham
Pancaindra (bukan) Pancaindera, Panca Indera
Pancaroba (bukan) Panca roba
Paspor (bukan) Pasport
Peduli (bukan) Perduli
Pembaruan (bukan) Pembaharuan
Pergedel (bukan) Perkedel
Perilaku (bukan) Prilaku
Permukiman (bukan) Pemukiman
Persentase (bukan) Presentase
Petai (bukan) Pete
Petai (bukan) Pete
Pikir (bukan) Fikir
Praktik (bukan) Praktek
Prancis (bukan) Perancis
Priayi (bukan) Priyayi
Proklamasi (bukan) Proklamir
Protagonis (bukan) Protogonis
Provinsi (bukan) Propinsi
Putra (bukan) Putera
Putri (bukan) Puteri
Huruf R
Rapi (bukan) Rapih
Realitas (bukan) Realita
Restoran (bukan) Restauran
Rezeki (bukan) Rizki, Rejeki
Rezim (bukan) Rejim
Risiko (bukan) Resiko
Ritme (bukan) Ritma
Roboh (bukan) Rubuh
Rohani (bukan) Ruhani
Rontgen (bukan) Ronsen
Huruf S
Sah (bukan) Syah
Sahaja (bukan) Sehaja
Saksama (bukan) Seksama
Samudra (bukan) Samudera
Saputangan (bukan) Sapu tangan
Saraf (bukan) Syaraf, Sarap
Satai (bukan) Sate
Segitiga (bukan) Segi tiga
Sekadar (bukan) Sekedar
Sekretaris (bukan) Sekertaris
Sekular (bukan) Sekuler
Sepak bola (bukan) Sepakbola
Seriawan (bukan) Sariawan
Setan (bukan) Syaitan, Syetan
Shalat (bukan) Salat
Silakan (bukan) Silahkan
Sintesis (bukan) Sintesa
Sistem (bukan) Sistim
Sontek (bukan) Contek
Sportivitas (bukan) Sportifitas
Standardisasi (bukan) Standarisasi
Stroberi (bukan) Strawbery
Subjek (bukan) Subyek
Sumatra (bukan) Sumatera
Surah (bukan) Surat
Surga (bukan) Syurga, sorga
Sutra (bukan) Sutera
Syubhat (bukan) Subhat
Huruf T
Takhayul (bukan) Tahayul
Takhta (bukan) Tahta
Takwa (bukan) Taqwa
Tampak (bukan) Nampak
Tanda tangan (bukan) Tandatangan
Taoco (bukan) Tauco
Taoge (bukan) Tauge/Toge
Teknologi (bukan) Tekhnologi
Teladan (bukan) Tauladan
Teladan (bukan) Tauladan
Telanjur (bukan) Terlanjur
Telantar (bukan) Terlantar
Telentang (bukan) Terlentang
Telepon (bukan) Telpon, Telfon, Tilpon
Tenteram (bukan) Tentram
Teoretis (bukan) Teoritis
Terampil (bukan) Trampil
Tetapi (bukan) Tapi
Tobat (bukan) Taubat
Tolan (bukan) Taulan
Topan (bukan) Taufan
Huruf U
Ubah (bukan) Rubah
Ubah (bukan) Rubah
Unta (bukan) Onta
Urine (bukan) Urin
Ustaz (bukan) Ustadz, Ustad
Ustazah (bukan) Ustadzah
Utang (bukan) Hutang
Huruf w
Wiraswasta (bukan) Wirausaha
Huruf Y
Yudikatif (bukan) Judikatif
Yudisial (bukan) Judisial
Huruf Z
Zaman (bukan) Jaman
Zikir (bukan) Dzikir
Zuhur (bukan) Dzuhur, Lohor

Reaksi:
Comments
63 Comments

63 komentar:

  1. mampir mbak..
    makasih udah mampir di blogku juga.. :)

    BalasHapus
  2. sip.. daftarnya jadi lebih lengkap.
    lam kenal y..

    BalasHapus
  3. waaah.. ternyata banyak yg salah selama ini.. tengkyu yaa.. :)

    BalasHapus
  4. @ndy_ra, iya mbak. sama-sama.

    @Eko, salam kenal juga.

    @Vita@kriyalea, iya selama ini emang banyak banget yang salah mbak.

    BalasHapus
  5. sangat informatif...salam kenal, knjugi balik yah

    BalasHapus
  6. Giassul Ma'wa18 Juli 2011 09.08

    terima kasih banyak n_n
    akhirnya dapat info kesalahan kata untuk membuat proyek akhir
    jazakallah khaira n_n

    BalasHapus
  7. wah,,ternyata selama ini banyak salahnya,, makasih y ilmunya ^_^

    BalasHapus
  8. @ricardo, siip... thanks dah berkunjung

    @giassul ma'wa, afwan

    @dwi, sama-sama :)

    @alvina, never mind.. hehe n_n

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat. Izin copas. Ayo berbahasa Indonesia. Salam kenal.

    BalasHapus
  10. @riska amalia martini3 Januari 2012 16.38

    kak saya copas yaa.. soalnya add tugas thx :)

    BalasHapus
  11. masih ada yang salah ni kayaknya
    contoh:
    Marah itu bener tapi bukan berarti kita ga bisa pake amarah.
    Marah= kata sifat
    Amarah= kata benda

    CMIIW

    BalasHapus
  12. Thanks ! tapi saya bingung ?
    Di buku paket saya apotek itu kata tidak baku sedangkan apotik itu kata yang baku.
    Yang bener yang mana nich ?

    BalasHapus
  13. ngeri-ngerong
    oke bgt

    BalasHapus
  14. @riska, silakan...

    @anonim, lah koq anonim sih, tapi tengkyu masukannya.

    @asazblack, thanks. ngeri-ngerong?

    BalasHapus
  15. yang paling sulit dari kata baku dan tidak baku adalah mengapa kata-kata tersebut dianggap baku. dari mana asal kata tersebut?

    BalasHapus
  16. @anonim, bukannya itu sudah dikembangin oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa jauh-jauh hari. Asal-usul tiap kata saiia rasa berbeda.

    BalasHapus
  17. trima ksih ats sharing sharingnya kwan
    smoga bermanfaat...bgi rekan rekan kita semua

    BalasHapus
  18. @Tegar, haruslah... harus bermanfaat :)

    BalasHapus
  19. w4duh jad1 b1n9ung, t3rny4t4 y4n9 s3l4m4 1n1 b4ny4k d1p4k3, k3b4ny4k4n s4l4h.

    BalasHapus
  20. @anonim, bbrp huruf di keyboard rusak?

    BalasHapus
  21. aduhhh kok yang "y" cm dikit yaaa

    BalasHapus
  22. ko kata baku dari action dan schizofren gak ada ya?

    BalasHapus
  23. Mksii ya
    atas semua ini saya bisa mengerjakan tugas saya..:)
    Sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  24. syukran katsier y mba,,,

    BalasHapus
  25. @Khala, insya Allah nanti saiia tambah. Makasih masukannya. Ayoo... ada masukan lagi??

    @Anonim, action dan schizofren itu kan bahasa inggris. Kenapa gak cari artinya bahasa indonesia saja?

    @Ahmad, boga? Tata boga atau boga bahasa sunda? hehehe. boga itu kata baku.

    bo·ga n makanan; masakan; hidangan; santapan;
    ber·bo·ga v makan

    @Chika, sama-sama.

    @dewi, afwan.

    BalasHapus
  26. Blog Walking gan, visit blog saya ya:
    http://newsatthisblog.blogspot.com

    Artikel yang sangat bermanfaat ini :D

    BalasHapus
  27. terimakasih.....ini sngast mmbantu saya dlm menmgrjakn tgas

    BalasHapus
  28. KALO MATA PELAJARAN YANG BENAR MANA YA??? DI GANDENG APA DI PISAH...

    BalasHapus
  29. Apa sih bedanya huruf yang dibold sama yg nggak? Trs yang kata baku yg di depan ya?

    BalasHapus
  30. @Anonim, ya sama-sama

    @Riril, mata pelajaran pisah

    @Grace Louisa, sama aja, tapi saya gak tahu kenapa bisa ada yang kebold sendiri. Iya, kata baku yang di depan.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Makasih banyak atas info yg sangat bermanfaat ini. Sekarang banyak sekali yang menulis kata "aktifitas" dan "kreatifitas", padahal salah ya. Aku sempat kesal tiap kali lihat kata2 itu, karena nanti maknanya bakal hilang. Tak jarang di buku anak2 terbitan terbaru juga ditulis kata2 seperti itu. Bagaimana nanti anak2 bisa membedakan kata baku dan non baku, sementara banyak kata2 non baku yang sedang merebak?

    Aku ingin bertanya:
    1. Waktu aku SMA di jakarta, semua anak dan guru pakai istilah "remedial"/"remed". Sekarang aku pindah sekolah di Jogja, ternyata anak dan guru disana pakai istilah "remidial"/"remidi". Kira2 kata yang benar yang mana?
    2. Kata "bakal" itu kata baku atau bukan?
    Thanks.

    BalasHapus
  33. Menurut saya, kata permukiman dan pemukiman keduanya merupakan kata baku tetapi berbeda arti. Permukiman = tempat bermukim, sedangkan pemukiman = proses memukimkan. Bagaimana menurut Anda?

    BalasHapus
  34. @Nena, tidak ada salahnya kata nonbaku merebak, tapi selama mereka mau belajar tata bahasa dan kaidah yang benar bahasa Indonesia, ada baiknya kita beri tahu mereka kata-kata yang sesungguhnya.
    1. Yang benar itu remedial.
    bukan remed. remidi. atau remidial.
    2. kata bakal itu baku. coba cari di KBBI pasti ketemu.

    BalasHapus
  35. @anonim, iya saya setuju. guru bahasa indonesia saya pernah berkata seperti itu.

    BalasHapus
  36. makasih banget yah... artikel nya sangat membantu :)

    BalasHapus
  37. Jazakillah, kak :) sangat membantu saya dalam ujian b.indonesia dan menyadari bahwa selama ini banyak juga pengucapan kata yang salah.

    BalasHapus
  38. @anonim1, sama-sama

    @anonim2, syukron dek.

    BalasHapus
  39. Terima kasih sangat membantu untuk tugas saya ^^

    BalasHapus
  40. Makasih....membantu bro....

    BalasHapus
  41. permisi... sekedar informasi kalau kata "pemukiman" dan "permukiman" 22nya bisa dipakai sebagai kata baku karena kata permukiman itu menunjukkan tempat,wilayah atau area, sedangkan pemukiman berarti memukimkan penduduk.. jadi 2 kata tsb mempunyai 2 arti yg berbeda, tp kalau mau menunjukkan tempat ya ttp pake kata "permukiman" bukan "pemukiman", hehehe... trims :)

    BalasHapus
  42. yang bukan kata baku yg sebelah kiri ato sebelah kanan ,,,
    kok kalo lihat sebelah kanan yang kata baku ,,, sedangkan kalo sbelah kiri kata bukan baku

    BalasHapus
  43. yang kata baku yang sebelah kanan atau yang sebelah kiri ,,, :)

    BalasHapus
  44. makasi infonya,,,,
    membantu ujianku,,,,semoga besok aku bisa mengerjakan UN, dan nilainya bagus bagus.AMIN

    BalasHapus
  45. Terimakasih, izin copas y thor.

    BalasHapus
  46. makasih infonya,, ayo traktiran

    BalasHapus
  47. @Juli Anto, yang pertama kata baku. yang kedua bukan kata baku.

    @Muhammad Pamungkas, mudah2an sukses!

    @Anonim, silakaan. asal dicantum sumbernya...

    @Tesar Akram, sama-sama.

    BalasHapus
  48. Shiip.....Shiip.....Shiip...
    terimakasih......

    BalasHapus
  49. Alhamdulillah,berkat dari Blog ini saya mendapat pelajaran yang berarti.makasih^^

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  51. Ini baru lengkap, siip dah tugas terselesaikan ..

    mampir juga yah mbak di blog aku ..

    BalasHapus
  52. Thanks gan buat infonya, bermanfaat banget

    BalasHapus
  53. Ijin share di blog saya kak..
    Terima kasih ya,,

    BalasHapus
  54. kaka cantik.....kalo genteng (atap) kok gak baku yaa
    *garuk2 pala sambil ngupil*

    BalasHapus
  55. kalau sekarang yang "isis" udah gak dipake lagi kan ya ? jadinya "isa " , analisis salah , yang bener analisa . CMIIW .

    BalasHapus
  56. akhirnya aku menemukan apa yang aku cari. terima kasih ya.

    BalasHapus

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...