Friday, October 6, 2017

Kesempatan Kecil yang Mengubah Hidup


Sebuah kesempatan kecil bisa mengubah hidupmu secara drastis. Sebagaimana perempuan paling berpengaruh dalam hidupku pernah menasihati, “Ambillah kesempatan baik sekecil apapun itu, antusiaslah dalam melakukannya, fokus jangan tergesa-gesa, lalu hormati dan belajarlah dari yang lebih berpengalaman!”

Saya langganan peringkat nyaris-terakhir saat masa-masa SMA dulu, saya gagal masuk universitas impian & menunda kuliah selama satu tahun. Teman-teman saya pamer almamater ketika saya mengasingkan diri dari dunia. Kejadian yang saya alami mungkin dialami oleh ratusan ribu calon mahasiswa lain di Indonesia sekarang. Tapi jangan sampai setiap kegagalan yang kita alami membuat diri kita berhenti mencoba!

Satu pintu tertutup dan cahaya asa itu  meremang. Tetap yakinlah bahwa Allah akan membimbingmu menemukan banyak pintu-pintu lain yang masih terbuka! Pintu-pintu itu adalah kesempatan-kesempatan lain; untuk berkarya, berkontribusi, berprestasi dan berbagi. Meski terkadang pintu itu terlihat sederhana, kau tak pernah tahu apa yang ada di baliknya menantimu!

Pintu saya adalah ketika saya mendampingi 100 anak-anak putus sekolah dalam program PPA-PKH 2015 dan mendengarkan kisah-kisah mereka. Sebagian kisah mereka saya tulis dalam aplikasi esai untuk International Conference on Family Planning 2016 di Nusa Dua Bali. Deadline aplikasi adalah jam 12 malam ketika saya submit jam 11 malam. Qodarullah, saya diterima, mendapat tiket pesawat gratis, fasilitas hotel bintang 5, bicara di forum internasional dan menjalin relasi dengan para pembuat kebijakan dunia.

Lalu pengalaman itu mengantarkan saya menjadi mahasiswa berprestasi, nominasi 120 under 40,  delegasi Indonesia ke forum pemuda di kantor pusat PBB New York City, menjuarai perlombaan, memperoleh penghargaan lainnya, dan sekarang memfasilitasi forum internasional IYFI 2017 di Singapura. Bermula dari mendengarkan sebuah kisah anak yang menjadi buruh cuci.

Setiap orang memiliki pintunya masing-masing. Jangan pernah menganggap remeh setiap kesempatan baik sekecil apapun itu. Juga jangan menunda kebaikan. Karena kau tak pernah tahu, #HadiahBertubiTubi apa yang menantinya di balik pintu kesempatan yg tampak sederhana itu.

You Might Also Like:



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin by ScratchTheWeb